Rabu, 02 November 2011

Pengertian Tentang SSH,SFTP dan SCP

  1. Pengertian SSH
  • SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Dikembangkan pertamakali oleh OpenBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di-manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, termasuk sistem operasi Linux. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan. scp yang merupakan anggota keluarga ssh adalah aplikasi pengganti rcp yang aman, keluarga lainnya adalah sftp yang dapat digunakan sebagai pengganti ftp. Dengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda diobrak-abrik setelahnya. Lebih jauh lagi, SSH memungkinkan kita mengamankan koneksi dari pembajakan (Anda sedang terhubung sebagai root ke server, tiba-tiba di tengah jalan ada sabotase, yang tanpa perlu tahu username maupun password Anda bisa langsung melanjutkan sesi Anda yang sedang aktif, dan tentu saja dengan hak sebagai root).
    • SSH

    SSH singkatan dari secure shell dan merupakan cara untuk terhubung ke mesin remote. SSH *nix sangat populer di kalangan pengguna karena keduanya dapat diandalkan, aman, dan mudah beradaptasi. SSH juga mudah untuk menginstal dan cukup lurus ke depan.
    Tidak seperti FTP dan SSH protokol lain yang aman, semua transaksi akan dienkripsi sehingga mereka tidak dapat disniffing. Tidak seperti SSH FTP username / password kombinasi tidak dikirim dalam bentuk teks. SSH telah dienkripsi dari awal. Hal ini penting karena banyak pengembang web akan sering menggunakan FTP untuk mentransfer file ke server mereka tidak tahu bahwa seseorang dapat dengan mudah meng-sniffing jaringan untuk password mereka. Dengan SSH dengan program seperti scp dan jauh lebih aman sshfs cara untuk mentransfer file ke remote mesin.
Sekarang kita akan mencoba cara menginstal ssh.

SCP

Linux perintah scp adalah alat yang sangat berguna untuk salinan remote. Ini adalah pilihan yang lebih baik daripada rcp karena menggunakan enkripsi seperti Program ssh. Bahkan, ia menggunakan ssh untuk otentikasi transfer data. Itu berarti, Anda tentu perlu memberikan nama login dan password dari komputer target / tujuan. Untuk mulai menggunakan Linux Program scp, mari kita lihat pada bagian paling penting, sintaks perintah atau format perintah.

Ini adalah perintah scp Linux sintaks untuk mengirim file atau direktori ke komputer remote:

scp-r [/ jalur / nama file] [nama login @ alamat ip]:.

Ini adalah perintah scp Linux sintaks untuk mengambil file atau direktori dari komputer remote:

scp-r [nama login @ alamat ip]: [/ path / nama file].

Berikut adalah arti dari opsi scp perintah:

*-R =menyalin seluruh direktori
*. = seluruh direktori

'/ path / nama file "adalah path direktori lengkap dan nama tempat file berada.

'nama login @ alamat ip' adalah komputer target / tujuan. Anda harus menyediakan nama login dan alamat ip dan akan diminta untuk password pengguna.

Titik (.) Pada akhir perintah berarti file akan disalin ke direktori saat ini. Tentu saja Anda dapat mengubah tujuan ke direktori yang Anda inginkan, cukup ketik path lengkap dan nama direktori untuk menggantikan titik (.).

Anda dapat menemukan rincian lebih lanjut di halaman manual scp dengan menerapkan manusia scp dari terminal baris perintah Linux, yang disarankan, jika Anda setidaknya bisa membacanya sekali untuk mendapatkan memahami lebih baik dari perintah.

Menggunakan aplikasi SFTP pada Ubuntu



SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah proses transfer file menggunakan protokol SSH. Pada sistem operasi windows sangat banyak sekali software yang bisa digunakan untuk proses SFTP, yang paling populer adalah WinSCP dan CoreFTP. Pada tutorial ini saya akan menjelaskan bagai mana cara menginstal aplikasi FTPcube sebagai aplikasi SFTP di linux pada sistem operasi Ubuntu.
Sebenarnya ubuntu sudah memiliki semua librari yang dibutuhkan untuk menginstal FTPcube namun nama librarinya yang berbeda. Sehingga kita membutuhkan dua librari yang harus diinstal terlebih dahulu yaitu wxPython = python-pythoncard dan paramiko = python-paramiko. Berikut ini langkah-langkahnya
  • Download dulu aplikasi FTPcube disini
  • ketik perintah
sudo apt-get install python-pythoncard
  • ketik perintah
sudo apt-get install python-paramiko
  • masuk ke direktori tempat anda mendownload aplikasi FTPcube kemudian ketik
tar xvzf ftpcube-0.5.1.tar.gz
  • kemudian masuk kedirektori ftpcube ketik
cd ftpcube-0.5.1/
  • install ftpcube dengan mengetik
sudo python setup.py install
  • setelah proses instalasi selesai untuk memulai memakai aplikasi pada terminal ketik
ftpcube


Refrensi: http://numb.web.id/ubuntu/menggunakan-aplikasi-sftp-pada-ubuntu.html
http://www.basicconfig.com/linux/linux_scp_command_example